Bungkam Arema 3-2, Sriwijaya FC Juarai Piala Gubernur Kaltim

March 13, 2018 | By hackguedong | Filed in: Berita Olahraga.

Satu turnamen pramusim jelang Liga 1 Indonesia telah usai digelar. Piala Gubernur Kaltim 2018 sudah menemukan juara barunya. Di ajang tahun ini, tim asal pulau Sumatera yakni Sriwijaya FC sukses keluar sebagai juara usai mengandaskan tim asal pulau Jawa, Arema FC. Laskar Wong Kito berhasil meraih trofi Piala Gubernur Kaltim usai mengalahkan Arema FC dengan skor tipis 3-2 di stadion Palaran, Samarinda, Kalimantan Timur hari Minggu (4/3) malam.

 

Dijuluki sebagai tim bertabur bintang, Sriwijaya sudah membuat kejutan saat pertandingan baru berjalan 10 menit. Novan Setya Sasongko yang sebetulnya berniat melakukan umpan silang malah sukses membobol gawang Kurniawan Kartika Ajie. Tak mau terlalu lama kalah, Arema menyamakan kedudukan jadi 1-1 lewat gol tendangan bebas Balsa Bozovic di menit ke-23. Sebelum babak pertama usai, Sriwijaya melanjutkan keunggulan jadi 2-1 lewat sepakan Beto Goncalves di menit ke-43.

 

Baru tiga menit babak kedua berjalan, mantan pemain Arema yakni Hamka Hamzah melesakkan tendangan sudut yang membuat Ajie harus memungut bola untuk ketiga kalinya. Kendati sudah terlihat kalah, anak-anak asuh Joko Susilo sepertinya punya semangat pantang menyerah. Hingga akhirnya di menit ke-81, Thiago Furtuoso berhasil menipiskan kekalahan jadi 2-3 lewat gol penalti usai Hamka melakukan pelanggaran terhadap Rivaldy Bauwo.

 

Sama-sama berstatus sebagai wakil juara grup, Arema dan Sriwijaya memang melangkah ke babak final dalam kondisi berbeda. Di babak penyisihan, Sriwijaya menang dari Persiba Balikpapan dan Madura United sebelum akhirnya dikalahkan Persebaya dan menang adu penalti lewat pertandingan 120 menit dengan Borneo FC. Sementara Arema, memulai babak penyisihan terseok-seok hingga terancam tersingkir sebelum dramatis mengalahkan Mitra Kukar. Arema bahkan membuat kejutan dengan membungkam musuh abadinya, Persebaya 2-0 di babak semifinal.

 

Bek Sriwijaya Dipukul Oknum Panpel

 

Kemenangan Sriwijaya ini sebetulnya sempat tercoreng dengan kejadian kurang menyenangkan yang dialami Marco Meraudje. Mantan kapten tim PON Papua yang berposisi sebagai bek itu rupanya sempat jadi korban pemukulan yang dilakukan oknum panitia penyelenggara Piala Gubernur Kaltim 2018. Marco mengalami hal itu usai babak semifinal antara timnya lawan Borneo FC di stadion Palaran, Samarinda hari Jumat (2/3) pekan lalu.

 

Laga semifinal itu sendiri berlangsung alot dan panas selama 120 menit sebelum akhirnya dimenangkan Sriwijaya lewat adu penalti.Dalam pertandingan Result HK itu, Marco dan Abdul Rahman, pemain Borneo, mendapatkan kartu merah karena terlibat keributan di injury time babak pertama, seperti dilansir Detik. Lalu tiba-tiba saat menuju lorong, Marco mendadak dipukul dua oknum panitia yang membuat pelipis sebelah kirinya mengalami luka lebam. Sriwijaya sendiri sempat menunda masuk ke lapangan karena mendesak pelaku minta maaf.

 

Persebaya Sukses Jadi Juara Ketiga

 

Bisa dibilang ajang Piala Gubernur Kaltim 2018 adalah turnamen di mana klub-klub asal Kalimantan jadi pecundang di tanah mereka sendiri. Karena penyabet tiga gelar terbaik semuanya adalah klub luar pulau. Jika sang juara adalah Sriwijaya dan runner-up ialah Arema, peraih juara ketiga jatuh kepada klub asal Jawa, Persebaya Surabaya. Persebaya memastikan tempat ketiga setelah mengalahkan mantan juara bertahan, Borneo FC dengan skor 1-0 hari Minggu (4/3).

 

Pertandingan perebutan tempat ketiga sendiri berlangsung menekan dari kedua tim. Berlangsung tanpa gol di babak pertama, Persebaya dan Borneo saling tebar ancaman. Hingga akhirnya baru menit ke-77, Persebaya berhasil menjebol gawang M. Ridho lewat tendangan Rishadi Fauzi.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *