Piala AFF 2018, Bima Sakti Tak Prioritaskan Tim Senior

March 12, 2019 | By hackguedong | Filed in: Berita Bola.

Fase Grup B Piala AFF 2018 akan terselenggara atas Timnas Indonesia dengan Thailand di Stadion Rajamangala, Bangkok pada hari Sabtu, 17 November 2018. Belum lepas euoforia kemenangan timnas Indonesia atas timnas Timor Leste dengan hasil akhir 3-1 yang mana tak lepas dari berbagai peran yang dilakoni pemain senior.

Walau Menang, Tetap Ada Kritik

Adapun gol-gol gemilang tersebut dicetak oleh Alfath Fathier, Stefano Lilipaly lewat penalti dan Alberto Goncalves. Terbukti bahwa pemain senior timnas Indonesia berhasil memiliki andil yang besar atas terciptanya ketiga gol yang membawa Indonesia maju ke pertandingan selanjutnya.Ini adalah kabar yang menggembirakan, tentunya.

Adapun gol yang dilakukan Alfath tercipta atas asis yang dilakukan oleh Andik Vermansyah. Selanjutnya disusul gol Stefano Lilipaly atas penetrasi Andik yang membuat bek Timor Leste menjatuhkannya. Di susul dengan gol ketiga yang berhasil dicetak oleh Alberto Goncalves lewat sundulannya. Hal itu dapat tercipta akibat kecerdikan Riko Simanjuntak yang berhasil masuk ke sisi kiri pertahanan lawan.

Meski timnas Indonesia menang atas Timor Leste, kritikan tetap terjadi untuk pelatih ataupun permainan yang dilakukan oleh timnas Indonesia. Beberapa diantaranya mengatakan bahwa pola permainan yang dilakukan oleh Timnas Indonesia jauh dari kata baik. Di tambah kekalahan pertama atas Singapura di laga pertama Piala AFF 2018 saat itu dan juga kebobolan yang terjadi lebih dulu dari Timor Leste saat laga kedua dijadikan sebagai tolak ukur bagaimana komposisi strategi pelatih timnas Indonesia yang dianggap tidak berjalan.

Banyak pula yang mengkritik Bima Sakti agar lebih banyak menurunkan timnas senior daripada skuat timas U-23 Asian Games. Namun ternyata Bima Sakti memiliki pandangannya tersendiri. Menurutnya, pelatih yang saat ditunjuk sebagai kepala pelatih Timnas Indonesia di detik-detik akhir mempersiapkan AFF 2018 ini belum memprioritaskan timnas senior saat laga melawan Thailand nanti.

Thailand, Tim Lawan yang Lebih Kuat dari Indonesia

Bima Sakti mengaku tak bisa menjamin adanya pemain senior dalam timnya agen togel terpercaya akan ia jadikan pilihan utama. Saat ditemui wartawan pada hari Selasa, 13 November lalu beliau mengatakan, “Yang pasti semua pemain punya kesempatan, tetapi kami memang membutuhkan pemain berpengalaman. Pemain berpengalaman ini untuk mengatur ritme dan komunikasi. Melawan Thailand pasti berat, tetapi semua punya kesempatan main.” Ujarnya.

Namun ada hal baik yang Bima Sakti sampaikan bahwa ia akan memberikan kesempatan bermain kepada Andik Vermansyah, Fachruddin Aryanto dan Bayu Pradana.

“Yang pasti kami akan berikan kesempatan kepada pemain senior yang lebih berpengalaman seperti Andik, Fachruddin, atau Bayu yang sudah main di Piala AFF 2016.” Ujarnya.

Pasalnya tak hanya menurut Bima Sakti mengenai beratnya melawan Thailand. Hal itu juga disampaikan oleh Rufino Walter Gama selaku penyerang Timor Leste yang menilai bahwa Thailand lebih kuat dibandingkan dengan Indonesia. Karena sebelum melawan Indonesia, Timor Leste sudah lebih dulu melawan Thailand dan dibantai tujuh gol tanpa balas.

Rufino Walter Gama mengaku tak bisa mencerita sepertia apa kekuatan Thailand.

“Secara umum, saya tidak tau kekuatan Thailand seperti apa karena saya seorang pemain. Saya hanya melihat Thailand selalu menjadi yang teratas di Asia Tenggara, tapi menilai permainan mereka seperti apa saya tidak mau bicara, biarkan orang lain saja yang menilai,” ujar Rufino Walter Gama yang berhasil mencetak gol bagi Timor Leste melawan Indonesia.

Saat ini Thailand berada di posisi pertama dalam klasemen sementara Grup B Piala AFF 2018 sementara Indonesia menduduki posisi kedua.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *