KUR Siap Diberikan Untuk Alumni Kartu Prakerja

Program Kartu Prakerja yang dicanangkan pemerintah sudah memasuki tahap gelombang ke 13 proses pendaftarannya. Artinya sudah banyak sekali alumni prakerja yang sudah mendapatkan kursus peningkatan kompetensi. Pemerintah pun akan memberikan Kredit Usaha Rakyat atau KUR untuk mempermudah alumni dalam membuka usaha seusah program pelatihan yang sudah diberikan. Dengan begitu taraf ekonomi para pencari kerja menjadi lebih baik dan lebih tinggi dibandingkan dengan sebelumnya.

Alumni Kartu Prakerja Bisa Buka Usaha Sendiri

Dengan adanya fasilitas Kredit Usaha Rakyat, maka para alumni program prakerja ini mampu membuka usahanya sendiri dan menggunakan slot via pulsa tanpa potongan kompetensi yang sudah didapatkan dari program kursus bisa diaplikasikan untuk mendapatkan keuntungan. Rudi Salahuddin sebagai Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Digital, Ketenagakerjaan dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah Kementrian Koordinator Bidang Perekonomian, mengatakan bahwa ini adalah sebuah kebijakan yang diusulkan sebagai lanjutan untuk pengembangan kartu prakerja.

Program kartu prakerja yang sudah berlangsung lama akan berintegrasi dengan program pemerintah yang lain yaitu KUR atau kredit usaha rakyat. Pemerintah memiliki cita cita untuk menumbuhkan sejumlah wirausaha dalam negeri dan meningkatkan jumlah UMKM produktif di Indonesia. Targetnya, pertumbuhan wirausaha baru akan semakin meningkat dan semakin tumbuh baik di masa yang akan datang. Pertumbuhan wirausaha sekarang baru mencapai 4 persen di tahun 2024 dan rasio kewirausahaan nasional mencapai 3,9 persen.

Selain itu, berdasarkan hasil survei manajemen pelaksana (PMO) dari kartu prakerja ini ada sekitar 19,5 ribu orang dari 5,98 juta peserta gelombang 1 hingga 11 yang menjadi wirausaha. Selain itu, tercatat juga 35 persen alumni program ini yang dulunya tidak bekerja kini memutuskan menjadi wirausaha. Jumlahnya cukup tinggi yaitu 17 persen dari keseluruhan peserta yang sudah mendapatkan tunjangan dan mendapatkan peningkatan kompetensi melalui program kursus di dalam berbagai platform yang sudah disediakan selama beberapa waktu yang sudah ada di dalam ketentuan dan aturan resmi program pra kerja.

KUR Untuk Alumni Pra Kerja Wirausaha

Fasilitas KUR akan diberikan kepada alumni program karu prakerja khususnya bagi mereka yang membuka peluang usaha untuk dirinya dan oranglain sebagai wirausaha. Dalam prosesnya mereka membutuhkan modal tambahan dalam mengembangkan usaha untuk meningkatkan produksi termasuk naik kelas ke pengusaha menengah hingga atas. Inilah tujuan yang ingin dicapai pemerintah melalui program Kredit Usaha Rakyat yang diberikan. Program KUR untuk menaikkan nilai dan skala usaha yang sudah dimiliki alumni.

Adapun syarat lain yang harus dipenuhi oleh alumni Prakerja adalah tidak sedang bekerja di perusahaan yang lain atau sudah menjadi pekerja tetap. Alumni kartu prakerja yang menjadi wirausaha adalah korban pemutusan hubungan kerja dan merupakan alumni yang menetapkan diri menjadi pengusaha saja yang bisa mendapatkan fasilitasnya ini. Data akan disinkronisasikan untuk mengetahui alumni mana yang sudah bekerja dan menjadi pegawai di perusahaan perusahaan lain di Indonesia. Prosedur yang diberikan kepada alumni program kartu prakerja sama dengan prosedur dan syarat yang diberiakn kepada calon penerima Program KUR yang telah berlangsung. Kredit akan diberikan kepada usaha skala mikro dan usah aboleh berdurasi singkat serta belum pernah mendapatkan Kredit usaha rakyat sebelumnya. Jika sudah memenuhi syarat maka alumni bisa langsung mengajuka ke bank mitra pemerintah untuk bisa mendapatkan bantuan tersebut. Skala kreditnya dimulai dari Rp 4 juta hingga Rp 10 juta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *